Jumat, 26 Januari 2018

Contoh RPP Adiwiyata

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan    : SDN Pradah Kalikendal I
Kelas / semester       : IV / 2
Tema                          : 6. Cita-Citaku
Sub Tema                  : 1.Aku dan Cita-citaku
Pelaksanaan              : 8 Januari 2018
Pertemuan ke            : 5
Alokasi waktu            : 6JP

A.   KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
PKN
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
3.3  Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
SBDP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

C.   INDIKATOR
1.    Menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dengan tepat. (B.Indonesia)
2.    Mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan dengan benar. (B.Indonesia)
3.    Membuat puisi dengan tema lingkungan. (B.Indonesia)
4.    Mengidentifikasi tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu dengan benar. (SBDP)
5.    Menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan tepat. (SBDP)
6.    Mengidentifikasi keragaman kegiatan dalam masyarakat dengan benar. (PKN)

D.   TUJUAN
1.    Melalui kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dengan tepat.
2.    Melalui kegiatan membuat puisi sendiri, kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat meningkat.
3.    Melalui kegiatan mencermati syair lagu, siswa mengidentifikasi tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu dengan benar.
4.    Melalui kegiatan menyanyikan lagu, siswa menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan tepat.
5.    Melalui kegiatan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan dalam masyarakat dengan benar.
E.    Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar .
Buku Teks, gambar macam-macam sumber daya alam , teks puisi, lingkungan sekitar sekolah (taman sekolah)
F.    Materi
(terlampir)




G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka
·         Berdoa bersama
·         Mengabsensi dan menyiapkan siswa agar siap untuk belajar.
·         Membaca buku sebagai kegiatan literasi
Kegiatan Inti
Ayo Membaca
·      Siswa membacakan puisi yang disajikan pada Buku Siswa.
·      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berdasarkan puisi yang dibacanya.
·      Siswa mengidentifikasikan makna dari puisi secara bertahap dengan menjelaskan isi puisi pada tiap bait.
·      Siswa diberi kesempatan untuk menggunakan kreatifitasnya dengan mencoba menemukan judul lain yang bisa digunakan untuk puisi yang disajikan pada buku.
Ayo Bernyanyi
·        Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Aku Ingin Jadi Penerbang” secara bersama-sama. Siswa menentukan tempo yang digunakan pada lagu tersebut.
·        Siswa berlatih untuk membedakan tinggi rendahnya nada pada lagu dengan memberikan tanda.
·        Pada bait pertama lagu, siswa memberikan tanda pada nada-nada tinggi, pada bait kedua siswa memberikan tanda pada nada-nada rendah.
·        Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang tempo dan tinggi rendahnya nada pada lagu.
Ayo mencoba
·         Siswa berkreasi dengan membuat puisi.
·         Siswa mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat puisi: menentukan tema/judul puisi.
·         Siswa membuat puisi dengan tema bunga kamboja.
·         Menentukan jumlah bait dalam puisi yang akan dibuat.
·         Menentukan isi yang akan disampaikan pada tiap bait.
·         Mengembangkan puisi berdasarkan hal-hal tersebut di atas.
·         Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam menjelaskan makna puisi (Bahasa Indonesia KD 3. 6 dan 4.6).
Ayo Mengamati
·           Pada kegiatan ini siswa menggunakan gambar yang disediakan untuk mengaitkan kegiatan yang suka dilakukan dengan prediksi cita-cita yang diinginkan. Seseorang yang suka menari biasanya memiliki cita-cita menjadi penari, seseorang yang ingin menjadi pelukis biasanya suka melukis.
·           Guru dapat menstimulus diskusi kelas dengan meminta siswa untuk menceritakan hal-hal yang ia suka lakukan dan kaitannya dengan cita-cita yang diinginkan.
Ayo Berlatih
·           Siswa bersama dengan kelompoknya membuat tabel yang berisi data tentang kegemaran dan cita-cita anggota kelompoknya.
·           Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan bersama dengan kelompoknya. apakah kegemaran siswa dapat membantunya mencapai cita-cita apakah ada kegemarannya yang tidak sesuai dengan cita?
·           Siswa bersama dengan kelompoknya menuliskan kesimpulan dari diskusinya di kertas tugas yang disediakan.
Kegiatan Penutup
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·         Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
·         Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Mengetahui
Kepala SDN Pradah Kalikendal I                                                 Guru Kelas IV B



SRI SURANTINI, S.Pd, M.Si                                                      Reta Yudi Setiawan, S.Pd
NIP. 19630212 198303 2 015                                                       NIP. 198803192011011010





MATERI


JENIS PENILAIAN

KD Bahasa Indoensia 3.6 dan 4.6
Membuat Puisi dan Menjelaskan Makna Puisi
Bentuk penilaian                     : Penugasan membuat puisi dengan tema “bunga kamboja”
Instrumen Penilaian                : daftar periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian      : Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam
  mengidentifikasikan makna puisi
No.
Nama Siswa
Ciri-ciri Puisi
Kesesuaian makna puisi

Kesesuaian makna tiap baris puisi dengan makna puisi secara keseluruhan
Jml

1
Adji Pratama Nour Afif




2
Afif Ezra Al Busthomi




3
Ajeng Putri Rohmawati




4
Alisa Rahma Anjani




5
Amanda Dwi Fitriani




6
Anggilia Ratiyani




7
Angraeny Veronica




8
Ayunda Thalia Salsabila




9
Chinta Mutiara Vika Nayu




10
Dewa Putra Nurhadi w




11
Hanna Faridatusamma




12
Ibnati Alilatul Barizah




13
Ifatul Muawanah




14
Joanita Putri Ayu




15
Johan Prasetyo




16
Julia Fania T




17
Michael Salman A




18
M.Setiawan Dwi Saputra




19
Muhammad Aditya Dwi F




20
Muhammad Raissa T




21
Muhammad Wisnu a




22
Nadya shakira f




23
Priscilia Mega Damayanti




24
Princesa Cantika Alina




25
Putri Cahya Ningsih




26
Raihan Atmaja




27
Raya Nur Aura




28
Regita Tri Cahyani




29
Reza Andika A




30
Rheno Dwi Prasetya




31
Shalsabila Khoirunisa




32
Ushaim Syiham




33
Ziky Taufiqurahman




34
Dery Eka S





Rubrik penilaian Bahasa Indonesia

SBDP KD 3.2 dan 4.2
Mengidentifikasi Tempo dan Tinggi Rendahnya Nada
Bentuk penilaian                     : Penugasan
Instrumen Penilaian                : daftar periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian      : Mengukur pemahaman siswa tentang tempo dan tinggi
  rendahnya nada dalam lagu.  
No.
Nama Siswa
Kesesuaian nada dengan notasi
Tempo
Syair
Percaya diri
1
Adji Pratama Nour Afif




2
Afif Ezra Al Busthomi




3
Ajeng Putri Rohmawati




4
Alisa Rahma Anjani




5
Amanda Dwi Fitriani




6
Anggilia Ratiyani




7
Angraeny Veronica




8
Ayunda Thalia Salsabila




9
Chinta Mutiara Vika Nayu




10
Dewa Putra Nurhadi w




11
Hanna Faridatusamma




12
Ibnati Alilatul Barizah




13
Ifatul Muawanah




14
Joanita Putri Ayu




15
Johan Prasetyo




16
Julia Fania T




17
Michael Salman A




18
M.Setiawan Dwi Saputra




19
Muhammad Aditya Dwi F




20
Muhammad Raissa T




21
Muhammad Wisnu a




22
Nadya shakira f




23
Priscilia Mega Damayanti




24
Princesa Cantika Alina




25
Putri Cahya Ningsih




26
Raihan Atmaja




27
Raya Nur Aura




28
Regita Tri Cahyani




29
Reza Andika A




30
Rheno Dwi Prasetya




31
Shalsabila Khoirunisa




32
Ushaim Syiham




33
Ziky Taufiqurahman




34
Dery Eka S





KD PPKn 3.3. dan 4.3
Mengidentifikasi Keragaman Kegiatan Teman dalam Kelas
Bentuk penilaian                     : Penugasan
Instrumen Penilaian                : daftar periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian      :Mengukur pemahaman siswa tentang keragaman kegiatan teman
 dalam satu kelas.

No.
Nama Siswa
Kemampuan Melaporkan diskusi
Kemampuan menulis kesimpulan
Kesesuaian puisi
jml
1
Adji Pratama Nour Afif




2
Afif Ezra Al Busthomi




3
Ajeng Putri Rohmawati




4
Alisa Rahma Anjani




5
Amanda Dwi Fitriani




6
Anggilia Ratiyani




7
Angraeny Veronica




8
Ayunda Thalia Salsabila




9
Chinta Mutiara Vika Nayu




10
Dewa Putra Nurhadi w




11
Hanna Faridatusamma




12
Ibnati Alilatul Barizah




13
Ifatul Muawanah




14
Joanita Putri Ayu




15
Johan Prasetyo




16
Julia Fania T




17
Michael Salman A




18
M.Setiawan Dwi Saputra




19
Muhammad Aditya Dwi F




20
Muhammad Raissa T




21
Muhammad Wisnu a




22
Nadya shakira f




23
Priscilia Mega Damayanti




24
Princesa Cantika Alina




25
Putri Cahya Ningsih




26
Raihan Atmaja




27
Raya Nur Aura




28
Regita Tri Cahyani




29
Reza Andika A




30
Rheno Dwi Prasetya




31
Shalsabila Khoirunisa




32
Ushaim Syiham




33
Ziky Taufiqurahman




34
Dery Eka S







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan pendidikan     : SDN Pradah Kalikendal I Kelas / semester       : IV / 2 Tema              ...