RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SDN Pradah Kalikendal I
Kelas / semester : IV / 2
Tema :
6. Cita-Citaku
Sub Tema :
1.Aku dan Cita-citaku
Pelaksanaan :
8 Januari 2018
Pertemuan ke :
5
Alokasi waktu :
6JP
A.
KOMPETENSI INTI
1.
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah dan
tempat bermain.
|
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.6
Menggali isi dan amanat puisi yang
disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
PKN
1.3 Mensyukuri
keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap
toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
SBDP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi
rendah nada.
4.2
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan makna
yang terkandung dalam puisi dengan tepat. (B.Indonesia)
2.
Mengungkapkan
makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan dengan benar. (B.Indonesia)
3.
Membuat puisi dengan tema lingkungan. (B.Indonesia)
4.
Mengidentifikasi
tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu dengan benar. (SBDP)
5.
Menyesuaikan
tempo dengan jenis lagu dengan tepat. (SBDP)
6.
Mengidentifikasi
keragaman kegiatan dalam masyarakat dengan benar. (PKN)
D.
TUJUAN
1.
Melalui
kegiatan membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan makna yang
terkandung dalam puisi dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan membuat puisi sendiri, kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat
meningkat.
3.
Melalui
kegiatan mencermati syair lagu, siswa mengidentifikasi tempo dan tinggi
rendahnya nada dalam lagu dengan benar.
4.
Melalui
kegiatan menyanyikan lagu, siswa menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan
tepat.
5.
Melalui
kegiatan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi
keragaman kegiatan dalam masyarakat dengan benar.
E.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar .
Buku Teks, gambar macam-macam sumber daya
alam , teks puisi, lingkungan
sekitar sekolah (taman sekolah)
F.
Materi
(terlampir)
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka
·
Berdoa bersama
·
Mengabsensi dan menyiapkan
siswa agar siap untuk belajar.
·
Membaca buku sebagai kegiatan
literasi
Kegiatan Inti
Ayo
Membaca
· Siswa
membacakan puisi yang disajikan pada Buku Siswa.
· Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berdasarkan puisi yang dibacanya.
· Siswa
mengidentifikasikan makna dari puisi secara bertahap dengan menjelaskan isi
puisi pada tiap bait.
· Siswa
diberi kesempatan untuk menggunakan kreatifitasnya dengan mencoba menemukan
judul lain yang bisa digunakan untuk puisi yang disajikan pada buku.
Ayo Bernyanyi
·
Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Aku Ingin Jadi
Penerbang” secara bersama-sama. Siswa menentukan tempo yang digunakan pada lagu
tersebut.
·
Siswa berlatih untuk membedakan tinggi rendahnya nada pada
lagu dengan memberikan tanda.
·
Pada bait pertama lagu, siswa memberikan tanda pada nada-nada
tinggi, pada bait kedua siswa memberikan tanda pada nada-nada rendah.
·
Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada
siswa tentang tempo dan tinggi rendahnya nada pada lagu.
Ayo mencoba
·
Siswa berkreasi dengan membuat puisi.
·
Siswa mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat
puisi: menentukan tema/judul puisi.
·
Siswa membuat puisi dengan
tema bunga kamboja.
·
Menentukan jumlah bait dalam puisi yang akan dibuat.
·
Menentukan isi yang akan disampaikan pada tiap bait.
·
Mengembangkan puisi berdasarkan hal-hal tersebut di atas.
·
Kegiatan ini digunakan untuk mengukur pemahaman dan
keterampilan siswa dalam menjelaskan makna puisi (Bahasa Indonesia KD 3. 6 dan
4.6).
Ayo Mengamati
·
Pada kegiatan ini siswa menggunakan gambar yang disediakan
untuk mengaitkan kegiatan yang suka dilakukan dengan prediksi cita-cita yang
diinginkan. Seseorang yang suka menari biasanya memiliki cita-cita menjadi
penari, seseorang yang ingin menjadi pelukis biasanya suka melukis.
·
Guru dapat menstimulus diskusi kelas dengan meminta siswa
untuk menceritakan hal-hal yang ia suka lakukan dan kaitannya dengan cita-cita
yang diinginkan.
Ayo Berlatih
·
Siswa bersama dengan kelompoknya membuat tabel yang berisi
data tentang kegemaran dan cita-cita anggota kelompoknya.
·
Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan bersama dengan
kelompoknya. apakah kegemaran siswa dapat membantunya mencapai cita-cita apakah
ada kegemarannya yang tidak sesuai dengan cita?
·
Siswa bersama dengan kelompoknya menuliskan kesimpulan dari
diskusinya di kertas tugas yang disediakan.
Kegiatan Penutup
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
·
Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca
doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
·
Guru mengucapkan salam kepada para siswa
sebelum keluar kelas.
Mengetahui
Kepala SDN Pradah
Kalikendal I Guru
Kelas IV B
SRI
SURANTINI, S.Pd, M.Si Reta Yudi Setiawan, S.Pd
NIP. 19630212 198303 2 015 NIP.
198803192011011010
MATERI
JENIS PENILAIAN
KD
Bahasa Indoensia 3.6 dan 4.6
Membuat Puisi dan Menjelaskan Makna Puisi
Bentuk penilaian : Penugasan membuat puisi dengan tema “bunga
kamboja”
Instrumen Penilaian : daftar periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian : Mengukur
pemahaman dan keterampilan siswa dalam
mengidentifikasikan makna puisi
No.
|
Nama Siswa
|
Ciri-ciri
Puisi
|
Kesesuaian
makna puisi
|
Kesesuaian
makna tiap baris puisi dengan makna puisi secara keseluruhan
|
Jml
|
1
|
Adji Pratama
Nour Afif
|
|
|
|
|
2
|
Afif Ezra Al
Busthomi
|
|
|
|
|
3
|
Ajeng Putri
Rohmawati
|
|
|
|
|
4
|
Alisa Rahma
Anjani
|
|
|
|
|
5
|
Amanda Dwi
Fitriani
|
|
|
|
|
6
|
Anggilia
Ratiyani
|
|
|
|
|
7
|
Angraeny
Veronica
|
|
|
|
|
8
|
Ayunda Thalia
Salsabila
|
|
|
|
|
9
|
Chinta Mutiara
Vika Nayu
|
|
|
|
|
10
|
Dewa Putra
Nurhadi w
|
|
|
|
|
11
|
Hanna
Faridatusamma
|
|
|
|
|
12
|
Ibnati Alilatul
Barizah
|
|
|
|
|
13
|
Ifatul Muawanah
|
|
|
|
|
14
|
Joanita Putri
Ayu
|
|
|
|
|
15
|
Johan Prasetyo
|
|
|
|
|
16
|
Julia Fania T
|
|
|
|
|
17
|
Michael Salman
A
|
|
|
|
|
18
|
M.Setiawan Dwi
Saputra
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Aditya
Dwi F
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Raissa
T
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Wisnu
a
|
|
|
|
|
22
|
Nadya shakira f
|
|
|
|
|
23
|
Priscilia Mega
Damayanti
|
|
|
|
|
24
|
Princesa
Cantika Alina
|
|
|
|
|
25
|
Putri Cahya
Ningsih
|
|
|
|
|
26
|
Raihan Atmaja
|
|
|
|
|
27
|
Raya Nur Aura
|
|
|
|
|
28
|
Regita Tri Cahyani
|
|
|
|
|
29
|
Reza Andika A
|
|
|
|
|
30
|
Rheno Dwi
Prasetya
|
|
|
|
|
31
|
Shalsabila
Khoirunisa
|
|
|
|
|
32
|
Ushaim Syiham
|
|
|
|
|
33
|
Ziky
Taufiqurahman
|
|
|
|
|
34
|
Dery Eka S
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian Bahasa Indonesia
SBDP KD 3.2 dan 4.2
Mengidentifikasi Tempo dan
Tinggi Rendahnya Nada
Bentuk penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : daftar periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian : Mengukur
pemahaman siswa tentang tempo dan tinggi
rendahnya nada dalam
lagu.
No.
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian nada dengan notasi
|
Tempo
|
Syair
|
Percaya diri
|
1
|
Adji Pratama
Nour Afif
|
|
|
|
|
2
|
Afif Ezra Al
Busthomi
|
|
|
|
|
3
|
Ajeng Putri
Rohmawati
|
|
|
|
|
4
|
Alisa Rahma
Anjani
|
|
|
|
|
5
|
Amanda Dwi
Fitriani
|
|
|
|
|
6
|
Anggilia
Ratiyani
|
|
|
|
|
7
|
Angraeny
Veronica
|
|
|
|
|
8
|
Ayunda Thalia
Salsabila
|
|
|
|
|
9
|
Chinta Mutiara
Vika Nayu
|
|
|
|
|
10
|
Dewa Putra
Nurhadi w
|
|
|
|
|
11
|
Hanna
Faridatusamma
|
|
|
|
|
12
|
Ibnati Alilatul
Barizah
|
|
|
|
|
13
|
Ifatul Muawanah
|
|
|
|
|
14
|
Joanita Putri
Ayu
|
|
|
|
|
15
|
Johan Prasetyo
|
|
|
|
|
16
|
Julia Fania T
|
|
|
|
|
17
|
Michael Salman
A
|
|
|
|
|
18
|
M.Setiawan Dwi
Saputra
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Aditya
Dwi F
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Raissa
T
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Wisnu
a
|
|
|
|
|
22
|
Nadya shakira f
|
|
|
|
|
23
|
Priscilia Mega
Damayanti
|
|
|
|
|
24
|
Princesa
Cantika Alina
|
|
|
|
|
25
|
Putri Cahya
Ningsih
|
|
|
|
|
26
|
Raihan Atmaja
|
|
|
|
|
27
|
Raya Nur Aura
|
|
|
|
|
28
|
Regita Tri
Cahyani
|
|
|
|
|
29
|
Reza Andika A
|
|
|
|
|
30
|
Rheno Dwi
Prasetya
|
|
|
|
|
31
|
Shalsabila
Khoirunisa
|
|
|
|
|
32
|
Ushaim Syiham
|
|
|
|
|
33
|
Ziky
Taufiqurahman
|
|
|
|
|
34
|
Dery Eka S
|
|
|
|
|
KD
PPKn 3.3. dan 4.3
Mengidentifikasi Keragaman Kegiatan Teman dalam Kelas
Bentuk penilaian :
Penugasan
Instrumen Penilaian : daftar
periksa/rubrik
Tujuan Kegiatan Penilaian :Mengukur pemahaman
siswa tentang keragaman kegiatan teman
dalam satu kelas.
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Melaporkan diskusi
|
Kemampuan menulis kesimpulan
|
Kesesuaian puisi
|
jml
|
1
|
Adji Pratama
Nour Afif
|
|
|
|
|
2
|
Afif Ezra Al
Busthomi
|
|
|
|
|
3
|
Ajeng Putri
Rohmawati
|
|
|
|
|
4
|
Alisa Rahma
Anjani
|
|
|
|
|
5
|
Amanda Dwi
Fitriani
|
|
|
|
|
6
|
Anggilia
Ratiyani
|
|
|
|
|
7
|
Angraeny
Veronica
|
|
|
|
|
8
|
Ayunda Thalia
Salsabila
|
|
|
|
|
9
|
Chinta Mutiara
Vika Nayu
|
|
|
|
|
10
|
Dewa Putra
Nurhadi w
|
|
|
|
|
11
|
Hanna
Faridatusamma
|
|
|
|
|
12
|
Ibnati Alilatul
Barizah
|
|
|
|
|
13
|
Ifatul Muawanah
|
|
|
|
|
14
|
Joanita Putri
Ayu
|
|
|
|
|
15
|
Johan Prasetyo
|
|
|
|
|
16
|
Julia Fania T
|
|
|
|
|
17
|
Michael Salman
A
|
|
|
|
|
18
|
M.Setiawan Dwi
Saputra
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Aditya
Dwi F
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Raissa
T
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Wisnu
a
|
|
|
|
|
22
|
Nadya shakira f
|
|
|
|
|
23
|
Priscilia Mega
Damayanti
|
|
|
|
|
24
|
Princesa
Cantika Alina
|
|
|
|
|
25
|
Putri Cahya
Ningsih
|
|
|
|
|
26
|
Raihan Atmaja
|
|
|
|
|
27
|
Raya Nur Aura
|
|
|
|
|
28
|
Regita Tri
Cahyani
|
|
|
|
|
29
|
Reza Andika A
|
|
|
|
|
30
|
Rheno Dwi
Prasetya
|
|
|
|
|
31
|
Shalsabila
Khoirunisa
|
|
|
|
|
32
|
Ushaim Syiham
|
|
|
|
|
33
|
Ziky
Taufiqurahman
|
|
|
|
|
34
|
Dery Eka S
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar