Sabtu, 27 Januari 2018

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan    : SDN Pradah Kalikendal I
Kelas / semester       : IV / 2
Tema                          : 6. Cita-Citaku
Sub Tema                  : 1.Aku dan Cita-citaku
Pelaksanaan              : 5 Januari 2018
Pertemuan ke            : 4
Alokasi waktu            : 6JP

A.   KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
PKN
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
3.3  Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.1   Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

C.   INDIKATOR
1.    Mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
2.    Menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar. (PKn)
3.    Menjelaskan makna puisi dengan benar. (B. Indonesia)
4.    Mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya. (IPS)

D.   TUJUAN
1.    Melalui kegiatan mencari tahu tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan temannya, siswa mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
2.    Melalui kegiatan membuat kesimpulan dari kegiatan bertanya, siswa mampu menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya dengan benar.
3.    Melalui kegiatan mencermati puisi yang dibacakan temannya dan menuliskan makna tiap baitnya, siswa mampu menjelaskan makna puisi dengan benar.
4.    Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.

E.    Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar .
Buku Teks, gambar macam-macam sumber daya alam , teks puisi, lingkungan sekitar
F.    Materi
(terlampir)


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka
·         Berdoa bersama
·         Mengabsensi dan menyiapkan siswa agar siap untuk belajar.
·         Membaca buku sebagai kegiatan literasi
Kegiatan Inti
Ayo Berlatih
·         Guru membuka pelajaran dengan meminta siswa menceritakan kegiatan yang mereka sukai di rumah, guru mengaitkan pembicaraan tersebut dengan cerita Siti yang disajikan di Buku Siswa, guru memberikan penekanan bahwa kegiatan yang disukai tiap-tiap siswa bisa saja berbeda satu sama lainnya.
·         Siswa mencari informasi tentang kegiatan-kegiatan yang disukai oleh temannya. Siswa menggunakan daftar pertanyaan yang ia buat sebagai panduan dalam bertanya. Dari hasil kegiatan tersebut, siswa mengolah informasi yang didapatkan menjadi sebuah kesimpulan.
·         Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan dan memberikan penekanan bahwa kegiatan yang disukai maupun tidak disukai bisa jadi sangat beragam. Apabila dalam satu kelas ditemukan keragaman kegiatan tersebut maka dalam kehidupan masyarakat pun akan dijumpai keragaman tersebut.
Ayo Membaca
·         Siswa membaca dalam hati bacaan “Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan” pada Buku Siswa halaman 37. (Alternatif kegiatan: siswa bergantian membaca bacaan secara bersambung. Saat satu orang siswa membaca, siswa lain menyimak.)
·         Siswa diminta menceritakan kembali isi bacaan secara singkat. Siswa juga diminta menyebutkan sikap yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh dalam bacaan.
·         Selanjutnya, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa.
Ayo mengamati
·         Siswa mengamati gambar, lalu membaca bacaan tentang keragaman ras di Indonesia.
·         Dari gambar pada Buku Siswa, siswa mengidentifikasi perbedaan, ciri khas, dan keunikan setiap kostum daerah yang terlihat. Kegiatan ini dapat dikembangkan, misalnya siswa menceritakan pengalamannya saat mengenakan pakaian daerah.
·         Selanjutnya siswa mendikusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa halaman 41. Kegiatan diskusi dilakukan dalam kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
·         Secara bergantian, setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi di depan kelompok-kelompok lain.
Ayo berdiskusi
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok. Bersama dengan kelompoknya, siswa berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa mencari informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahnya, siswa bersama dengan kelompoknya mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam baik yang tidak dapat ataupun dapat diperbarui yang terdapat di daerahnya.
       Siswa mengolah informasi yang didapat bersama dengan kelompoknya menjadi sebuah lagu
Ayo membaca
·         Siswa membaca dalam hati puisi “Tanah Airku, Tanah yang Beragam”. Kegiatan ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga siswa memahami makna yang terkandung dalam setiap bait puisi. Guru memberikan waktu dapat sekitar 10 menit.
·         Selanjutnya, siswa melakukan kegiatan secara berpasangan untuk menentukan makna setiap bait pada puisi “Tanah Airku, Tanah yang Beragam”.
·         Sebagi pengembangan kegiatan, guru dan siswa dapat menggunakan puisi yang lain untuk ditentukan maknanya.
Kegiatan Penutup
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·         Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
·         Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

Mengetahui
Kepala SDN Pradah Kalikendal I                                                 Guru Kelas IV B



SRI SURANTINI, S.Pd, M.Si                                                      Reta Yudi Setiawan, S.Pd
NIP. 19630212 198303 2 015                                                       NIP. 198803192011011010





JENIS PENILAIAN
Penugasan Terpadu (Laporan Hasil Diskusi Kelompok)
Bentuk penilaian         : Penugasan
Instrumen Penilaian    : Rubrik
KD PPKn 3.3 dan 4.3 dan IPS 3.1 dan 4.1 26

Tujuan Kegiatan Penilaian:
·         Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam menjelaskan keberagaman kegiatan yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat.
·         Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaporkan tentang hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam.


No.
Nama Siswa
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1
Adji Pratama Nour Afif




2
Afif Ezra Al Busthomi




3
Ajeng Putri Rohmawati




4
Alisa Rahma Anjani




5
Amanda Dwi Fitriani




6
Anggilia Ratiyani




7
Angraeny Veronica




8
Ayunda Thalia Salsabila




9
Chinta Mutiara Vika Nayu




10
Dewa Putra Nurhadi w




11
Hanna Faridatusamma




12
Ibnati Alilatul Barizah




13
Ifatul Muawanah




14
Joanita Putri Ayu




15
Johan Prasetyo




16
Julia Fania T




17
Michael Salman A




18
M.Setiawan Dwi Saputra




19
Muhammad Aditya Dwi F




20
Muhammad Raissa T




21
Muhammad Wisnu a




22
Nadya shakira f




23
Priscilia Mega Damayanti




24
Princesa Cantika Alina




25
Putri Cahya Ningsih




26
Raihan Atmaja




27
Raya Nur Aura




28
Regita Tri Cahyani




29
Reza Andika A




30
Rheno Dwi Prasetya




31
Shalsabila Khoirunisa




32
Ushaim Syiham




33
Ziky Taufiqurahman




34
Dery Eka S





















Bahasa Indonesia
Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Puisi
Bentuk penilaian         : Penugasan
Instrumen Penilaian    : Kunci Jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
1.  Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
2.            Mengukur keterampilan siswa dalam menginterpretasikan isi puisi.
No.
Nama Siswa
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1
Adji Pratama Nour Afif




2
Afif Ezra Al Busthomi




3
Ajeng Putri Rohmawati




4
Alisa Rahma Anjani




5
Amanda Dwi Fitriani




6
Anggilia Ratiyani




7
Angraeny Veronica




8
Ayunda Thalia Salsabila




9
Chinta Mutiara Vika Nayu




10
Dewa Putra Nurhadi w




11
Hanna Faridatusamma




12
Ibnati Alilatul Barizah




13
Ifatul Muawanah




14
Joanita Putri Ayu




15
Johan Prasetyo




16
Julia Fania T




17
Michael Salman A




18
M.Setiawan Dwi Saputra




19
Muhammad Aditya Dwi F




20
Muhammad Raissa T




21
Muhammad Wisnu a




22
Nadya shakira f




23
Priscilia Mega Damayanti




24
Princesa Cantika Alina




25
Putri Cahya Ningsih




26
Raihan Atmaja




27
Raya Nur Aura




28
Regita Tri Cahyani




29
Reza Andika A




30
Rheno Dwi Prasetya




31
Shalsabila Khoirunisa




32
Ushaim Syiham




33
Ziky Taufiqurahman




34
Dery Eka S























Rubrik  Penilaian







CONTOH SOAL PKN






SOAL BAHASA INDONESIA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan pendidikan     : SDN Pradah Kalikendal I Kelas / semester       : IV / 2 Tema              ...