RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SDN Pradah Kalikendal I
Kelas / semester : IV / 2
Tema :
6. Cita-Citaku
Sub Tema :
1.Aku dan Cita-citaku
Pelaksanaan :
5 Januari 2018
Pertemuan ke :
4
Alokasi waktu :
6JP
A.
KOMPETENSI INTI
1.
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah dan
tempat bermain.
|
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.6
Menggali isi dan amanat puisi yang
disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
PKN
1.3 Mensyukuri
keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap
toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
2.
Menjelaskan
hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan
sekitarnya dengan benar. (PKn)
3.
Menjelaskan
makna puisi dengan benar. (B. Indonesia)
4.
Mengidentifikasikan
hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya. (IPS)
D.
TUJUAN
1.
Melalui
kegiatan mencari tahu tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan temannya, siswa
mampu mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang di sekitarnya dengan
tepat.
2.
Melalui
kegiatan membuat kesimpulan dari kegiatan bertanya, siswa mampu menjelaskan
hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan
sekitarnya dengan benar.
3.
Melalui
kegiatan mencermati puisi yang dibacakan temannya dan menuliskan makna tiap
baitnya, siswa mampu menjelaskan makna puisi dengan benar.
4.
Melalui
kegiatan mencari informasi dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan
hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.
E.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar .
Buku Teks, gambar macam-macam sumber daya
alam , teks puisi, lingkungan sekitar
F.
Materi
(terlampir)
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembuka
·
Berdoa bersama
·
Mengabsensi dan menyiapkan
siswa agar siap untuk belajar.
·
Membaca buku sebagai kegiatan
literasi
Kegiatan Inti
Ayo
Berlatih
·
Guru membuka
pelajaran dengan meminta siswa menceritakan kegiatan yang mereka sukai di
rumah, guru mengaitkan pembicaraan tersebut dengan cerita Siti yang disajikan
di Buku Siswa, guru memberikan penekanan bahwa kegiatan yang disukai tiap-tiap
siswa bisa saja berbeda satu sama lainnya.
·
Siswa
mencari informasi tentang kegiatan-kegiatan yang disukai oleh temannya. Siswa
menggunakan daftar pertanyaan yang ia buat sebagai panduan dalam bertanya. Dari
hasil kegiatan tersebut, siswa mengolah informasi yang didapatkan menjadi
sebuah kesimpulan.
·
Guru
membimbing siswa dalam membuat kesimpulan dan memberikan penekanan bahwa
kegiatan yang disukai maupun tidak disukai bisa jadi sangat beragam. Apabila
dalam satu kelas ditemukan keragaman kegiatan tersebut maka dalam kehidupan
masyarakat pun akan dijumpai keragaman tersebut.
Ayo Membaca
·
Siswa
membaca dalam hati bacaan “Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan” pada Buku Siswa
halaman 37. (Alternatif kegiatan: siswa bergantian membaca bacaan secara
bersambung. Saat satu orang siswa membaca, siswa lain menyimak.)
·
Siswa
diminta menceritakan kembali isi bacaan secara singkat. Siswa juga diminta
menyebutkan sikap yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh dalam bacaan.
·
Selanjutnya,
siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa.
Ayo mengamati
·
Siswa
mengamati gambar, lalu membaca bacaan tentang keragaman ras di Indonesia.
·
Dari
gambar pada Buku Siswa, siswa mengidentifikasi perbedaan, ciri khas, dan
keunikan setiap kostum daerah yang terlihat. Kegiatan ini dapat dikembangkan,
misalnya siswa menceritakan pengalamannya saat mengenakan pakaian daerah.
·
Selanjutnya
siswa mendikusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa halaman 41.
Kegiatan diskusi dilakukan dalam kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
·
Secara
bergantian, setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi di depan
kelompok-kelompok lain.
Ayo
berdiskusi
·
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok. Bersama dengan
kelompoknya, siswa berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa
mencari informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahnya, siswa
bersama dengan kelompoknya mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam baik
yang tidak dapat ataupun dapat diperbarui yang terdapat di daerahnya.
•
Siswa mengolah informasi yang didapat bersama dengan
kelompoknya menjadi sebuah lagu
Ayo
membaca
·
Siswa membaca dalam hati puisi “Tanah Airku, Tanah yang
Beragam”. Kegiatan ini dapat dilakukan berulang-ulang hingga siswa memahami
makna yang terkandung dalam setiap bait puisi. Guru memberikan waktu dapat
sekitar 10 menit.
·
Selanjutnya, siswa melakukan kegiatan secara berpasangan
untuk menentukan makna setiap bait pada puisi “Tanah Airku, Tanah yang Beragam”.
·
Sebagi pengembangan kegiatan, guru dan siswa dapat
menggunakan puisi yang lain untuk ditentukan maknanya.
Kegiatan Penutup
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
·
Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan
membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
·
Guru mengucapkan salam kepada para siswa
sebelum keluar kelas.
Mengetahui
Kepala SDN Pradah
Kalikendal I Guru
Kelas IV B
SRI
SURANTINI, S.Pd, M.Si Reta Yudi Setiawan, S.Pd
NIP. 19630212 198303 2 015 NIP.
198803192011011010
JENIS PENILAIAN
Penugasan Terpadu (Laporan Hasil
Diskusi Kelompok)
Bentuk penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : Rubrik
KD PPKn 3.3 dan 4.3 dan IPS 3.1 dan
4.1 26
Tujuan Kegiatan Penilaian:
·
Mengukur
pemahaman dan keterampilan siswa dalam menjelaskan keberagaman kegiatan yang
ditemukan dalam kehidupan masyarakat.
·
Mengukur
pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaporkan tentang hubungan
karakteristik ruang dengan sumber daya alam.
No.
|
Nama Siswa
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
1
|
Adji
Pratama Nour Afif
|
|
|
|
|
2
|
Afif Ezra
Al Busthomi
|
|
|
|
|
3
|
Ajeng Putri
Rohmawati
|
|
|
|
|
4
|
Alisa Rahma
Anjani
|
|
|
|
|
5
|
Amanda Dwi
Fitriani
|
|
|
|
|
6
|
Anggilia
Ratiyani
|
|
|
|
|
7
|
Angraeny
Veronica
|
|
|
|
|
8
|
Ayunda
Thalia Salsabila
|
|
|
|
|
9
|
Chinta
Mutiara Vika Nayu
|
|
|
|
|
10
|
Dewa Putra
Nurhadi w
|
|
|
|
|
11
|
Hanna
Faridatusamma
|
|
|
|
|
12
|
Ibnati
Alilatul Barizah
|
|
|
|
|
13
|
Ifatul
Muawanah
|
|
|
|
|
14
|
Joanita
Putri Ayu
|
|
|
|
|
15
|
Johan
Prasetyo
|
|
|
|
|
16
|
Julia Fania
T
|
|
|
|
|
17
|
Michael
Salman A
|
|
|
|
|
18
|
M.Setiawan
Dwi Saputra
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad
Aditya Dwi F
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad
Raissa T
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad
Wisnu a
|
|
|
|
|
22
|
Nadya
shakira f
|
|
|
|
|
23
|
Priscilia
Mega Damayanti
|
|
|
|
|
24
|
Princesa Cantika
Alina
|
|
|
|
|
25
|
Putri Cahya
Ningsih
|
|
|
|
|
26
|
Raihan
Atmaja
|
|
|
|
|
27
|
Raya Nur
Aura
|
|
|
|
|
28
|
Regita Tri
Cahyani
|
|
|
|
|
29
|
Reza Andika
A
|
|
|
|
|
30
|
Rheno Dwi
Prasetya
|
|
|
|
|
31
|
Shalsabila
Khoirunisa
|
|
|
|
|
32
|
Ushaim
Syiham
|
|
|
|
|
33
|
Ziky
Taufiqurahman
|
|
|
|
|
34
|
Dery Eka S
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
Menjawab Pertanyaan
Berdasarkan Teks Puisi
Bentuk penilaian :
Penugasan
Instrumen Penilaian :
Kunci Jawaban
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
1. Mengukur pemahaman dan keterampilan siswa dalam
mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
2.
Mengukur
keterampilan siswa dalam menginterpretasikan isi puisi.
No.
|
Nama Siswa
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
1
|
Adji
Pratama Nour Afif
|
|
|
|
|
2
|
Afif Ezra
Al Busthomi
|
|
|
|
|
3
|
Ajeng Putri
Rohmawati
|
|
|
|
|
4
|
Alisa Rahma
Anjani
|
|
|
|
|
5
|
Amanda Dwi
Fitriani
|
|
|
|
|
6
|
Anggilia
Ratiyani
|
|
|
|
|
7
|
Angraeny
Veronica
|
|
|
|
|
8
|
Ayunda
Thalia Salsabila
|
|
|
|
|
9
|
Chinta
Mutiara Vika Nayu
|
|
|
|
|
10
|
Dewa Putra
Nurhadi w
|
|
|
|
|
11
|
Hanna Faridatusamma
|
|
|
|
|
12
|
Ibnati
Alilatul Barizah
|
|
|
|
|
13
|
Ifatul
Muawanah
|
|
|
|
|
14
|
Joanita
Putri Ayu
|
|
|
|
|
15
|
Johan
Prasetyo
|
|
|
|
|
16
|
Julia Fania
T
|
|
|
|
|
17
|
Michael
Salman A
|
|
|
|
|
18
|
M.Setiawan
Dwi Saputra
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad
Aditya Dwi F
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad
Raissa T
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad
Wisnu a
|
|
|
|
|
22
|
Nadya
shakira f
|
|
|
|
|
23
|
Priscilia
Mega Damayanti
|
|
|
|
|
24
|
Princesa
Cantika Alina
|
|
|
|
|
25
|
Putri Cahya
Ningsih
|
|
|
|
|
26
|
Raihan
Atmaja
|
|
|
|
|
27
|
Raya Nur
Aura
|
|
|
|
|
28
|
Regita Tri
Cahyani
|
|
|
|
|
29
|
Reza Andika
A
|
|
|
|
|
30
|
Rheno Dwi Prasetya
|
|
|
|
|
31
|
Shalsabila
Khoirunisa
|
|
|
|
|
32
|
Ushaim
Syiham
|
|
|
|
|
33
|
Ziky
Taufiqurahman
|
|
|
|
|
34
|
Dery Eka S
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
CONTOH SOAL
PKN
SOAL BAHASA
INDONESIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar